Free Ebook

Pilihan Investasi: Antara Emas dan Properti (1)

Selama ini banyak member Outletdinar yang menanyakan ke saya, pertanyaan yang hampir-hampir sama (cuma susunan kalimatnya saja yang berbeda ,tapi intinya sama…..:-)).

“Lebih menguntungkan mana sih mbak Iin, kita investasi emas atau property?”

“Return-nya lebih bagus mana emas atau property?”

“Pilih mana emas atau property yah?”

Dan masih banyak lagi kalimat–kalimat pertanyaan lainnya terkait investasi emas dibandingkan dengan investasi properti.

Hari ini saya ingin sedikit sharing ‘seobjektif’ mungkin mengenai keunggulan dan kelemahan investasi “emas” dibandingkan dengan investasi properti.

Pertama, mari kita coba bahas keunggulan emas dibandingkan dengan properti:

1. Emas jauh lebih likuid dibandingkan dengan property

Emas, khususnya emas batangan, adalah ‘uang’ yang istimewa. Uang yang selalu diterima di belahan dunia manapun. Uang yang selalu diterima walau kondisinya tidak utuh.

Berbeda bila uang rupiah atau dolar yang robek. Uang kertas yang robek dan hilang sobekan kertasnya min ¼ dari bagian uang maka kita tidak bisa menggunakannya sebagai alat tukar atau transaksi walaupun uang kertasnya seratus ribuan.

Apalagi dolar, silakan coba menukar uang dollar yang lecek atau terlipat ke bank yang terdekat, bisa dipastikan akan ditolak. Kecuali Anda menukar dollar lecek Anda di daerah Pasar Senen, bisa jadi diterima.

Sedangkan batangan emas yang patah berserakan karena dibanting anak- anak masih bisa ditukar dengan uang; masih bisa diterima di pusat toko emas di Blok M atau Cikini. 

Kalau jalan-jalan ke luar negeri dan kehabisan uang, emas batangan (berstandar internasional yaa..) masih bisa diubah menjadi valuta asing.

Artinya, emas hampir selikuid uang yang ada di dompet anda, yang setiap jam bahkan menit detik bisa berubah.

Sebaliknya jika kita ingin menjual properti kita, jarang sekali terjadi saat itu juga properti kita terjual, sering kali kita harus menunggu beberapa waktu (bisa berbulan-bulan) sampai terjadi penjualan.

Ataupun jika kita membutuhkan dana cepat, namun tidak berniat untuk menjual emas kita, kita dapat menggadai emas batangan kita di bank syariah ataupun di Pegadaian; proses cepat, dana dapat segera cair.

Lain hal dengan properti, meskipun dapat dijaminkan untuk memperoleh pinjaman, dana yang kita peroleh biasanya jauh dibawah nilai aset properti yang kita miliki, prosesnya juga lebih memakan waktu.

Untuk emas, dana yang kita peroleh sekitar 80 sampai 90 persen nilai emas.

2. Emas tidak terpengaruh oleh kebijaksanaan pemerintah.

Pemerintah tidak dapat mempengaruhi harga emas, karena harga emas ditentukan oleh pasar. Sedangkan properti sangat bergantung dengan kondisi politik, sosial dan ekonomi.

Kebijakan pemerintah akan tata kota, arus lalu lintas dapat secara drastis mempengaruhi harga properti.

Properti dapat sekejap mata menjadi tidak bernilai jika terjadi risiko ekstrim, seperti terorisme, perang, dan bencana alam.

Sebaliknya emas akan melambung tinggi dalam kondisi ketidakpastian dan krisis.

3. Sifat emas yang durable, tahan lama, anti karat dan anti susut logam mulia yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan properti dan bangunan diatasnya dapat rusak karena pengaruh usia, cuaca dan lainnya.

4. Emas relatif mudah untuk disimpan, dibawa, dan dipindahkan untuk dapat diuangkan sewaktu-waktu dengan mata uang negara bersangkutan.

Properti hanya dapat membawa surat akta tanah yang tidak memiliki nilai apapun di luar batas wilayah.

Biaya untuk menyimpan emas relatif kecil, untuk menyewa safe deposit box hanya ratusan ribu per tahunnya. Properti membutuhkan dana untuk mengelola, mulai dari perpanjangan surat-surat, pajak, dan biaya maintenance, meskipun properti tersebut tidak sedang kita gunakan atau sewakan.

5. Dengan modal relatif kecil, kita dapat mulai berinvestasi emas, emas mudah pula untuk dijual sebagian karena sifatnya yang dapat dibagi-bagi.

Berinvestasi di bidang properti membutuhkan dana yang relatif besar, menjualnya pun tidak dapat sebagian-sebagian. Meskipun dapat dibagi-bagi, namun prosesnya memerlukan waktu, tenaga dan uang.

Selanjutnya, untuk bahas keunggulan investasi properti, saya tulis di artikel berikutnya, biar tidak terlalu panjang.

Silahkan cek disini: Pilihan Investasi: Antara Emas dan Properti (2)

About Indriani Widyasari

Assalaamu'alaykum, saya Indriani Widyasari, biasa dipanggil Iin. Bunda dari Syafi dan Danis. Saat ini saya dipercaya sebagai agen perwakilan OutletDinar untuk wilayah Tangerang, Bintaro, Serpong, dsk. Jika Anda ingin memulai investasi emas, silahkan hubungi saya melalui 0877 7150 4710. Thanks :)

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>